HIPMI Apresiasi langkah BUMN salurkan CSR ke Masyarakat Bengkulu BENGKULU

- Selasa, 21 Desember 2021 | 13:40 WIB
Undang Sumbaga, Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu
Undang Sumbaga, Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu

BENGKULU - HIPMI apresiasi kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) dalam 4 titik di Provinsi Bengkulu. Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Utara dan Kota Bengkulu Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu turut mendampingi kementrian BUMN dan Bernas Bengkulu, dalam kegiatan ini bantuan sembako yang dibagikan di 4 titik masing-masing berjumlah 250 paket sembako.

Sementara itu, penerima bantuan sembako ini merupakan para keluarga yang terdampak covid-19. Bantuan meliputi beras, gula, minyak, roti, teh, dan lain sebagainya. Dalam pendistribusian ini atau pembagian paket sembako berjalan lancar dan aman serta tetap memenuhi protokoler kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Diharapkan dengan bakti sosial tersebut dapat meringankan kebutuhan beban masyarakat Ibu-ibu dan kalangan milenial di Provinsi Bengkulu didorong untuk memanfaatkan Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar), terutama untuk berwirausaha. Ini disampaikan Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN RI, Arya Sinulingga saat bakti sosial berupa pembagian sembako bersama Garda Bernas Bengkulu, Jum'at (10/12).

"Dorongan ini merupakan salah satu langkah besar kita dalam membantu masyarakat, khususnya dari sisi pemberdayaan ekonomi. Sehingga nantinya masyarakat berwirausaha, dan untuk pendanaan atau modal diberikan pinjaman tanpa jaminan. Cukup dengan melengkapi syarat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja," ungkap Arya Mahendra Sinulingga 

Menurutnya, modal yang dimaksud bersumber dari PNM Mekaar Jaya. Ketika masyarakat sudah berwirausaha, dan dibantu permodalan juga diiringi dengan pendampingan setiap minggunya. "Jadi pendampingan yang diberikan tidak hanya sekali saja, karena target kita wirausaha yang digeluti masyarakat juga dapat semakin besar," katanya.

Dilanjutkannya, modal yang diberikan berkisar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Dengan modal itu masyarakat sudah bisa membuka usaha gorengan, sayuran, dan lainnya. "Tahun ini serapan dari permodalan yang disediakan sudah mencapai Rp 300 miliar di Provinsi Bengkulu. Hingga tahun 2024 nanti, anggaran untuk permodalan yang disiapkan meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Garda Bernas Bengkulu, Dempo Xler, S.Ip, M.Ap menyampaikan, sasaran dari bantuan permodalan ini difokuskan pada Ibu-ibu dan kalangan milenial.

"Sebagaimana yang disampaikan Pak Arya tadi, Ibu-ibu ini tunggakannya khusus di Provinsi Bengkulu 0 persen. Dengan dorongan ini kita menargetkan ibu-ibu dan milenial dapat mandiri," singkat Dempo.

Disisi kesempatan laen, dari Ketua Umum BPD HIPMI Bengkulu saudara Undang Sumbaga menyampaikan akan mensupport aktivitas produktif dari seluruh BUMN yang ada di Provinsi Bengkulu Kami HIPMI Bengkulu sangat mengapresiasi kebermanfaatan BUMN yang pro ekonomi kerakyatan, ujar Undang Sumbaga

Halaman:

Editor: Andi Hartono

Tags

Terkini

Reuni Akbar PGAN Manna Angkatan 1967-1983

Senin, 13 Desember 2021 | 19:20 WIB

Terpopuler

X