Menparekraf Sandiaga Uno Konkret Masukkan Produk Ekraf Bengkulu Ke E Katalog Nasional  

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:55 WIB
Sandiaga  Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

KOTA BENGKULU, 2 Agustus 2022 - Taman Wisata Mangrove Bhadrika, Kota Bengkulu, menjadi tempat penyelanggaraan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia 2022. Bengkulu menjadi kota ke-25 program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barapekraf) tersebut pada Selasa petang (2/8/2022). 

 

Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan hadir dalam workshop itu. Dialog antara Mas Menteri-sapaan akrab Sandiaga Uno- dengan 60 pelaku usaha ekonomi kreatif (Ekraf) berlangsung interaktif.   

 

Mas Menteri mendorong para pelaku Ekraf khususnya subsektor kuliner, kriya, dan fesyen di Kota Bengkulu untuk terus berkarya dan berinovasi dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja lebih luas. Menurut Sandi, Kota Bengkulu memiliki potensi besar pada tiga subsektor tersebut. ”Pada subsektor kuliner, terdapat upaya pengembangan usaha berbasis zero waste industry dalam pengelolaan bisnis kuliner terutama kopi,” ungkap Sandi. 

 

Sandi menerangkan Kota Bengkulu telah melalui uji petik 2019 subsektor kuliner dengan omset Rp 7,2 miliar per tahun. ”Ada subsektor kuliner lain seperti Robusta, Arabica, Kalamansi, dan berbagai olahan ikan” terang Sandi. 

 

Potensi subsektor kriya, kata Sandi, salah satunya kriya dan fashion adalah Batik Basurek. Kota Bengkulu memiliki dua desa wisata rintisan yaitu Kampung Sejahtera dan Desa Wisata Pondok Besi. Sandi mengatakan, melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia, produk-produk pelaku usaha ekraf di Kota Bengkulu bisa on board di e catalogue pemerintah pusat. ”Meminta keberpihakan Pemda untuk memasukkan produk-produk ini ke e catalogue lokal, dan bisa go nasional," jelas Sandi. 

Halaman:

Editor: Andi Hartono

Tags

Terkini

Apalagi Alasan Tidak Kuliah

Sabtu, 30 Juli 2022 | 10:55 WIB

Presidium MD KAHMI Bengkulu Utara Terpilih

Sabtu, 23 Juli 2022 | 20:10 WIB

Rumah Kebudayaan Dusun Tuo

Sabtu, 23 Juli 2022 | 16:55 WIB

Zacky; Kader harus Miliki Tiga Kecerdasan

Minggu, 10 Juli 2022 | 21:20 WIB

Ikatan Keluarga Kedurang Berbagi Sembako Ramadhan

Minggu, 24 April 2022 | 16:15 WIB

Rasa Sakit

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:35 WIB

Terpopuler

X