Bola Panas RUU Sisdiknas "Hilangnya" Tunjangan Profesi Guru & Frasa Madrasah

- Kamis, 1 September 2022 | 19:10 WIB
 Elfahmi Lubis, SH, M. PD, C. NSP, C. MED
Elfahmi Lubis, SH, M. PD, C. NSP, C. MED

 

 

 

BENGKULU - Pemerintah saat ini sudah mengusulkan RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) untuk masuk Program Legislasi Nasional Prolegnas) Prioritas Perubahan Tahun 2022 kepada DPR RI dalam Rapat Kerja Pemerintah dengan Badan Legislasi pada 24 Agustus 2022 lalu.

 

Menariknya, RUU Sisdiknas ini akan dibahas dengan sistem omnibus law. Dimana satu UU akan mengintegrasi, mengakomodasi, dan mensinkronisasikan banyak UU yang berkaitan dengan pendidikan. Diantaranya adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

 

 

Padahal MK melalui Putusan Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait uji materi terhadap UU Cipta Kerja, dalam putusannya menyatakan "inkonstitusional bersyarat" karena dianggap cacat formil. Menurut putusan MK tersebut bahwa pembentukan peraturan perundang-undangan dengan sistem omnibus law bertentangan dengan konstitusi dan UU Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan

Halaman:

Editor: Andi Hartono

Tags

Terkini

Terpopuler

X