Profile Gus Yahya, Ketua Umum PBNU 2021-2026

- Jumat, 24 Desember 2021 | 15:50 WIB
KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)
KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Gus Yahya) akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum PBNU dalam sidang Muktamar NU ke-34 di Lampung, Jumat (24/12/2012). Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum PBNU, Gus Yahya memiliki kedekatan dengan Gus Dur bahkan dianggap sebagai Gus Dur Muda yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi.

Gus Yahya berhasil mendapatkan perolehan suara dari kandidat lain, KH Said Aqil Siradj dengan jumlah suara yakni 337 suara dan Kiai Said Aqil mendapatkan 210 suara.

Diketahui sosok Gus Yahya sendiri begitu lekat dengan NU, di mana sang ayah yang merupakan tokoh NU yang disegani bernama KH Cholil Bisri. Bersama Gus Dur, KH Cholil Bisri adalah pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Yahya lahir di Rembang, Jawa Tengah, 16 Februari 1966. Dia lahir dari garis keturunan santri dan tumbuh di lingkungan pesantren

Gus Yahya sendiri juga merupakan keponakan dari ulama Kharismatik dan juga tokoh budayawan dari NU, KH Mustofa Bisri, atau biasa disapa Gus Mus. Sedangkan adiknya, adalah Menteri Agama yang baru dilantik Jokowi menggantikan Fachrul Rozi.

Gus Yahya sendiri sejak kecil mendapat pelajaran agama di Pesantren, bermula dari Pendidikan formal di Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang, Jawa Tengah.

Kemudian dia melanjutkan pendidikan agama di Pondok Pesantren KH Ali Maksum di Krapyak, Yogyakarta. Tak hanya itu, Gus Yahya itu dia juga kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol).

Selama masa kuliah, Gus Yahya aktif di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Yogyakarta dan sebaga Ketua Umum HMI Komisariat Fisipol UGM Periode 1986-1987.

Gus Yahya, Ketua Umum HMI Komisariat Fisipol UGM

Halaman:

Editor: Andi Hartono

Tags

Terkini

X